Bakso Dan Sejarahnya

Posted by Aneka Resep on Senin, 04 Maret 2013

Bakso atau baso, tentu bagi hampir semua masyarakat Indonesia, nama ini sangat familiar sekali. Yup, Bakso memang merupakan salah satu kuliner indonesia yang sangat populer, penyebarannya mulai dari kota hingga ke pelosok-pelosok desa. Cita rasa bakso sendiri bermacam-macam, ini tergantung dari bahan yang digunakan dan juga tentu saja resep dari masing-masing pembuat bakso yg berbeda.

bakso dan sejarahnya

Dilihat dari sejarahnya, bakso ternyata memiliki akar dari seni kuliner Tionghoa indonesia. Hal ini bisa ditunjukkan dari penamaan bakso itu sendiri. Bakso berasal dari kata bak-so, dalam bahasa Hokkien secara harfiah memiliki arti 'daging babi giling'. Mengingat penduduk indonesia adalah mayoritas penganut agama islam, yang mengharamkan daging babi untuk dikonsumsi, maka bakso umumnya dibuat menggunakan daging sapi, dan saat ini mulai menggunakan bahan daging lainnya seperti daging ayam, ikan, dan udang.

Meskipun bakso pada awalnya adalah kuliner tionghoa, tapi dalam kenyataan dilapangan, penjual bakso lebih banyak didominasi oleh masyarakat jawa asal wonogiri dan malang, maka istilah bakso malang menjadi brand tersendiri dikalangan penjual bakso dan cukup dikenal oleh masyarakat.

Hingga saat ini, banyak variasi bakso bisa kita temukan yang didasarkan dari bahan isian serta bentuk dari bakso itu sendiri, beberapa diantaranya sebagai berikut :
  1. Bakso urat :bahan isian bakso menggunakan urat atau tendon dan daging tetelan kasar. Penggunaan bahan ini menjadikan bakso memberikan sensasi kenyal ketika dimakan.
  2. Bakso bola tenis / bakso telur, bakso seukuran bola tenis dengan isian bakso dari telur ayam rebus.
  3. Bakso ikan : Bakso menggunakan bahan daging ikan.
  4. Bakso udang : bakso dengan udang sebagai bahan utama.
  5. Bakso gepeng : bakso dengan bentuk tidak lazim yaitu pipih.
  6. Bakso malang : bakso khas malang dengan variasi mie kuning, tahu, siomay serta pangsit goreng.
  7. Bakso keju : bakso jenis ini belum banyak jumlahnya, merupakan kreasi jenis baru dengan keju sebagai bahan isian bakso
  8. Bakso bakar : bakso ini juga merupakan kreasi terbaru dalam cara menghidangkan bakso. Bakso dibakar langsung (tanpa arang) dengan mengolesinya terlebih dahulu dengan bumbu khusus.

Demikian ulasan singkat mengenai sejarah bakso dan perkembangannya hingga saat ini, nantikan artikel selanjutnya yang akan mengulas tentang cara membuat bakso malang.

sumber : id.wikipedia.org/wiki/bakso

Blog, Updated at: 06.08

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Artikel Terbaru