Pengertian Soto

Posted by Aneka Resep on Sabtu, 10 November 2012

pengertian dan soto dan penyajiannya untuk setiap daerah
Soto :: Bagi anda penduduk asli Indonesia, pasti sudah merasakan atau paling tidak sudah mendengar salah satu makanan berkuah asli Indonesia ini.
Soto atau dikenal juga dengan nama sroto dan coto, merupakan salah satu makanan khas Indonesia yg bahan utamanya terdiri dari kaldu daging, daging,  dan sayuran sebagai tambahan. Untuk jenis daging sendiri yang paling umum digunakan adalah daging sapi dan ayam, disebagian daerah ada juga yang menggunakan daging babi ataupun kambing.

Setiap daerah di Indonesia memiliki soto dengan ke khas-an masing-masing. Kita pasti sudah mendengar soto makasar, soto betawi, soto bogor,soto  madura, soto lamongan dan banyak lagi jenis soto dimana penamaannya biasanya berdasarkan nama daerah tempat asal soto tersebut.

Dalam hal penyajian, Masing-masing jenis soto memiliki perbedaan tersendiri. Misal ada soto yang penyajiannya disertai dengan hidangan lain seperti dengan kerupuk, perkedel, emping, sate, telur, dan sebagainya. Bagi sebagian besar masyarakat tentunya soto disantap dengan tujuan untuk mengenyangkan. Oleh karena itu sering disertakan nasi dalam penyajiannya. Dalam hal penyajian nasipun, ada perbedaan utk setiap daerahnya. Penyajian nasi yang terpisah dengan soto biasanya kita temui pada soto khas betawi dan soto padang. Untuk penyajian nasi yang langsung dicampur dengan soto dimana dikenal dengan soto campur sari bisa kita temui pada soto kudus. Ada juga daerah yg menganti nasi dengan lontong yang biasa kita temui pada soto makasar. Bahkan untuk soto bogor, nasi dan lontong diganti dengan mie, sehingga bogor dikenal juga dengan soto mienya.

Itulah sedikit pengertian tentang soto dan juga cara penyajian untuk tiap daerahnya. Mudah2an bisa menambah wawasan anda tentang kuliner Indonesia.

Sumber : id.wikipedia.org/wiki/Soto

Blog, Updated at: 12.04

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Artikel Terbaru